Skip to content

Tentang Open Data

Apa itu Open Data?

Menurut Open Knowledge Foundation, open data adalah data yang dapat digunakan secara bebas serta digunakan dan didistribusikan ulang oleh siapa saja. Definisi open data dapat diringkas sebagai berikut.

  1. Ketersediaan dan akses (Availability and Access). Data harus tersedia secara penuh, diutamakan dapat diunduh melalui internet. Data juga harus tersedia dalam bentuk yang tepat dan dapat dimodifikasi.
  2. Digunakan kembali dan didistribusikan ulang (Re-use and Redistribution). Data harus dibawah ketentuan yang mengizinkan penggunaan kembali dan pendistribusian ulang termasuk menggabungkan dengan set data lain.
  3. Partisipasi universal (Universal participation). Setiap orang dapat menggunakan, menggunakan ulang, dan mendistribusikan tanpa adanya diskriminasi.


Open Data Kota Samarinda

Open Data Kota Samarinda adalah portal resmi data terbuka milik Pemerintah Kota Samarinda yang berisikan data-data dari Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda yang menghasilkan data terkait Kota Samarinda.

Open Data Kota Samarinda merupakan inisiatif dan komitmen Pemerintah Kota Samarinda untuk mewujudkan Samarinda Smart City. Inisiatif ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kota Samarinda, dalam hal ini diwakili oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dengan beragam komunitas lokal.

Open Data Samarinda ada untuk dapat memenuhi kebutuhan data publik bagi masyarakat. Data disajikan dengan akurat, akuntable, valid, mudah diakses dan berkelanjutan. Open Data Samarinda diharapkan dapat memenuhi kebutuhan data dan informasi serta dapat mengoptimalkan pengawasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kota Samarinda.

Data yang tersaji di Open Data Samarinda merupakan data publik yang sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Data-data yang mengandung rahasia negara, rahasia pribadi dan data-data yang dapat merugikan banyak pihak tidak disajikan di Open Data Samarinda.



Permohononan Data/Informasi

Sesuai dengan aturan yang berlaku, apabila ingin melakukan permohonan data/informasi, silahkan untuk mengunjungi website PPID Kota Samarinda



Kontak dan Narahubung

Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Samarinda
Bidang E-Government & Aplikasi (4)

  • Jl. Kesuma Bangsa, Komplek Balaikota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75242
  • E-Mail: data[at]samarindakota.go.id
  • Facebook: Open Data Kota Samarinda
  • Instagram: [at]opendatasmr
Top